Skip to main content

Belanja Online, Teliti dalam bertransaksi kuncinya

Dulu saya termasuk yang paling malas kalau udah namanya belanja online. Bukan takut kena tipu alasan utamanya, tapi malas buat ke atm untuk transfer uang ke seller-nya aja, hehehehe. Saya disini akan coba berbagi pengalaman tentang belanja online di internet ini.

Transaksi pertama saya di belanja online itu adalah pembelian hard disk drive 320GB di FJB Kaskus, kalau tidak salah id kaskusnya adalah juggern4ut. Wah, kok langsung main beli di kaskus aja nih? Ga takut ditipu? Pertanyaan teman satu kosan dulu pas nunggu kiriman hard disk drive-nya datang. Sebelum saya melakukan transaksi dengan member tersebut, saya sudah melakukan penelusuran dari track recordnya seperti apa. Apakah ada yang pernah tertipu atau malah banyak yang memberikan rekomendasi? Selidik punya selidik, ternyata tidak ada catatan negatif dari member tersebut dan membuat hati saya 70% yakin barang yang saya pesan pasti sampai. Selang sehari setelah pesan, member tersebut mengirimkan sms yang berisi nomor resi pengiriman barang. Ini meningkatkan kepercayaan saya sampai 90%. Hahahaha, kok belum yakin sih?
Kan barangnya belum sampe bro, makanya belum sepenuhnya percaya. Dan memang akhirnya percaya kalau beli online itu ga semuanya tipu-tipu setelah menerima langsung barang yang dipesan.

Mulai dari transaksi pertama saya tersebut saya semakin sering belanja online. Bahkan untuk beli celana dalam saja pernah saya beli online karena tidak bisa menemukan model celana dalam tersebut di kota saya tinggal, hehehe. Sejauh ini saya sudah melakukan transaksi cukup banyak, apalagi sekarang sudah ada credit card yang mempermudah transaksi online tanpa harus transfer-transfer lagi. Cuma butuh verifikasi data aja saat mau bayar.

Berikut beberapa tips untuk belanja online yang selalu saya perhatikan sebelum transaksi:


  1. Selalu mencari situs resmi. Misalnya untuk beberapa barang elecktronik saya selalu belanja di jaknot dan bhinneka. Alasannya karena mereka selalu memberikan alamat lengkap dan saya sudah pernah mengunjungi toko fisik mereka secara langsung.
  2. Jika belanja di FJB Kaskus, teliti tentang status si agan yang menjual barang. Jangan selalu menjadikan patokan cendol untuk mempercayai member disana. Lihat track record-nya, mulai dari history-history transaksinya dengan member lain. Apalagi kita kenal salah satu member yang transaksi dengan seller tersebut, kita bisa menanyakan langsung apakah benar barang sampai dan sesuai.
  3. Untuk web jual beli yang banyak bermunculan sekarang di iklan tv, seperti berniaga dan olx, lebih baik untuk transaksinya dilakukan COD saja daripada main transfer. Karena kedua web tersebut pun menganjurkan untuk COD agar terjamin tidak kena tipu.
  4. Untuk web tipe mall, seperti lazada, blibli, dan elevenia, saya lebih prefer untuk mencari barang yang dijual langsung oleh mereka, bukan dari pihak ketiga. Karena pihak ketiga itu mirip seperti orang-orang yang berjualan di FJB Kaskus, berniaga, dan olx.
  5. Bukan mengerdilkan web jual beli online lain yang berdiri sendiri, tetap kita harus mencari informasi keabsahan dari web tersebut. 
  6. Kalau anda masih belum yakin web jual beli online tersebut valid atau tidak, mungkin bisa menggunakan bantuan dari web berikut www.polisionline.com
  7. Tetap berdoa dan waspada terhadap semua web jual beli online

Mungkin itu aja tips yang bisa saya bagikan ke para pengunjung, kurang lebihnya silahkan ditambahin yah.
Bukan bermaksud promosi hanya mencoba untuk berbagi, berikut beberapa web yang sudah pernah saya gunakan untuk transaksi online:
  • www.bhinneka.com
  • www.jaknot.com
  • www.adekbayi.com
  • www.lazada.co.id (pihak lazada-nya langsung yang sebagai penjual, bukan third party)
  • www.blibli.com ( sama seperti lazada)
  • www.sarunggadget.com

demikian isi post kali ini untuk membuka post di tahun 2015 :)

Comments

Popular posts from this blog

Keanggotaan, Keuntungan, dan Konfigurasi Umum VLAN

Keanggotaan dalam suatu  VLAN dapat dikelompokkan berdasarkan port yang digunakan, MAC address, atau tipe protokol yang digunakan. Berdasarkan Port Keanggotaan pada suatu VLAN dapat di dasarkan pada port yang digunakan oleh VLAN tersebut. Sebagai contoh, pada bridge/switch dengan 4 port, port 1, 2,  dan 4 merupakan VLAN 1 sedang port 3 dimiliki oleh VLAN 2, lihat Tabel 2.1 berikut ini. Tabel 2.1 VLAN berdasarkan port Port 1 2 3 4 VLAN ID 2 2 1 2 Kelemahannya adalah pengguna tidak bisa untuk berpindah-pindah. Apabila harus berpindah maka administrator  jaringan harus mengkonfigurasikan ulang. Berdasarkan MAC Address Keanggotaan suatu VLAN didasarkan pada MAC address dari setiap  komputer yang dimiliki oleh pengguna. Switch akan mencatat semua MAC address yang dimiliki oleh setiap Virtual LAN. Kelebihannya apabila pengguna berpindah-pindah maka dia akan tetap terkonfigurasi sebagai anggota dari VLAN tersebut. Kekurangannya adalah setiap mesin harus dikonfigurasi secara m

2 HARI PERJALANAN MENGELILINGI DANAU TOBA, SUMATERA UTARA - PART 2

Oke, mari kita lanjut lagi cerita tentang 2 hari perjalanan mengeliingi Danau Toba, Sumatera Utara . Sudah capek main air di pinggir danau, makan siang pun datang menghampiri. Walaupun Cuma nasi bungkus pake lauk ikan mas gulai, rasanya begitu enak dinikmati. Mungkin karena sudah kelaparan dan kecapaean kali yah. Sembari menunggu yang lain selesai dengan makan siangnya masing-masing, yang sudah selesai makan bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan menuju tempat penginapan. Tidak terlalu jauh dari lokasi permainan air, sekitar 45 menit perjalanan sudah sampai di penginapan. Penginapannya lumayan besar dan mempunyai halaman pinggir danau Toba sendiri. Sebagian dari teman-teman masih menyambung permainan airnya yang sempat terhenti siang itu. Sore hari pun menjelma dengan munculnya warna jingga di pinggir danau. Teman-teman memanfaatkan waktu tersebut untuk merebahkan badan sebentar di kamar masing-masing. Yang anak mudanya sih masih aja punya tenaga untuk bermain bola. Namanya juga a

Pengalaman Pembuatan SKCK di Bogor

Baru tadi siang saya ngerasa pelayanan terbaik dari kepolisian tentang pembuatan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Sampai sekarang ini saya sudah 4 kali mengurus SKCK (seingat saya sih :p), tapi yang terakhir ini yang paling super super ajib. Mungkin gara-gara saya cuma perpanjang SKCK lama kali yah, makanya bisa cepat. Yang penting saya ga lama-lama di kantor polisi tadi, takut ntar malah dimasukin ke sel gara-gara tampang saya yang lumayan sangar :)). Tadi cuma butuh waktu kurang dari 30 menit buat selesaiin semua urusan SKCK, padahal dulu bisa sampe ganti hari baru dapat SKCK ini, huff. Wokeh, mungkin sekedar informasi aja buat yang belum tau, yang udah tau yah sekedar mengingatkan kembali, ini dia syarat-syarat pengurusan SKCK Pembuatan SKCK baru Surat pengantar