Skip to main content

Belanja Online, Teliti dalam bertransaksi kuncinya

Dulu saya termasuk yang paling malas kalau udah namanya belanja online. Bukan takut kena tipu alasan utamanya, tapi malas buat ke atm untuk transfer uang ke seller-nya aja, hehehehe. Saya disini akan coba berbagi pengalaman tentang belanja online di internet ini.

Transaksi pertama saya di belanja online itu adalah pembelian hard disk drive 320GB di FJB Kaskus, kalau tidak salah id kaskusnya adalah juggern4ut. Wah, kok langsung main beli di kaskus aja nih? Ga takut ditipu? Pertanyaan teman satu kosan dulu pas nunggu kiriman hard disk drive-nya datang. Sebelum saya melakukan transaksi dengan member tersebut, saya sudah melakukan penelusuran dari track recordnya seperti apa. Apakah ada yang pernah tertipu atau malah banyak yang memberikan rekomendasi? Selidik punya selidik, ternyata tidak ada catatan negatif dari member tersebut dan membuat hati saya 70% yakin barang yang saya pesan pasti sampai. Selang sehari setelah pesan, member tersebut mengirimkan sms yang berisi nomor resi pengiriman barang. Ini meningkatkan kepercayaan saya sampai 90%. Hahahaha, kok belum yakin sih?
Kan barangnya belum sampe bro, makanya belum sepenuhnya percaya. Dan memang akhirnya percaya kalau beli online itu ga semuanya tipu-tipu setelah menerima langsung barang yang dipesan.

Mulai dari transaksi pertama saya tersebut saya semakin sering belanja online. Bahkan untuk beli celana dalam saja pernah saya beli online karena tidak bisa menemukan model celana dalam tersebut di kota saya tinggal, hehehe. Sejauh ini saya sudah melakukan transaksi cukup banyak, apalagi sekarang sudah ada credit card yang mempermudah transaksi online tanpa harus transfer-transfer lagi. Cuma butuh verifikasi data aja saat mau bayar.

Berikut beberapa tips untuk belanja online yang selalu saya perhatikan sebelum transaksi:


  1. Selalu mencari situs resmi. Misalnya untuk beberapa barang elecktronik saya selalu belanja di jaknot dan bhinneka. Alasannya karena mereka selalu memberikan alamat lengkap dan saya sudah pernah mengunjungi toko fisik mereka secara langsung.
  2. Jika belanja di FJB Kaskus, teliti tentang status si agan yang menjual barang. Jangan selalu menjadikan patokan cendol untuk mempercayai member disana. Lihat track record-nya, mulai dari history-history transaksinya dengan member lain. Apalagi kita kenal salah satu member yang transaksi dengan seller tersebut, kita bisa menanyakan langsung apakah benar barang sampai dan sesuai.
  3. Untuk web jual beli yang banyak bermunculan sekarang di iklan tv, seperti berniaga dan olx, lebih baik untuk transaksinya dilakukan COD saja daripada main transfer. Karena kedua web tersebut pun menganjurkan untuk COD agar terjamin tidak kena tipu.
  4. Untuk web tipe mall, seperti lazada, blibli, dan elevenia, saya lebih prefer untuk mencari barang yang dijual langsung oleh mereka, bukan dari pihak ketiga. Karena pihak ketiga itu mirip seperti orang-orang yang berjualan di FJB Kaskus, berniaga, dan olx.
  5. Bukan mengerdilkan web jual beli online lain yang berdiri sendiri, tetap kita harus mencari informasi keabsahan dari web tersebut. 
  6. Kalau anda masih belum yakin web jual beli online tersebut valid atau tidak, mungkin bisa menggunakan bantuan dari web berikut www.polisionline.com
  7. Tetap berdoa dan waspada terhadap semua web jual beli online

Mungkin itu aja tips yang bisa saya bagikan ke para pengunjung, kurang lebihnya silahkan ditambahin yah.
Bukan bermaksud promosi hanya mencoba untuk berbagi, berikut beberapa web yang sudah pernah saya gunakan untuk transaksi online:
  • www.bhinneka.com
  • www.jaknot.com
  • www.adekbayi.com
  • www.lazada.co.id (pihak lazada-nya langsung yang sebagai penjual, bukan third party)
  • www.blibli.com ( sama seperti lazada)
  • www.sarunggadget.com

demikian isi post kali ini untuk membuka post di tahun 2015 :)

Comments

Popular posts from this blog

Keanggotaan, Keuntungan, dan Konfigurasi Umum VLAN

Keanggotaan dalam suatu  VLAN dapat dikelompokkan berdasarkan port yang digunakan, MAC address, atau tipe protokol yang digunakan. Berdasarkan Port Keanggotaan pada suatu VLAN dapat di dasarkan pada port yang digunakan oleh VLAN tersebut. Sebagai contoh, pada bridge/switch dengan 4 port, port 1, 2,  dan 4 merupakan VLAN 1 sedang port 3 dimiliki oleh VLAN 2, lihat Tabel 2.1 berikut ini. Tabel 2.1 VLAN berdasarkan port Port 1 2 3 4 VLAN ID 2 2 1 2 Kelemahannya adalah pengguna tidak bisa untuk berpindah-pindah. Apabila harus berpindah maka administrator  jaringan harus mengkonfigurasikan ulang. Berdasarkan MAC Address Keanggotaan suatu VLAN didasarkan pada MAC address dari setiap  komputer yang dimiliki oleh pengguna. Switch akan mencatat semua MAC address yang dimiliki oleh setiap Virtual LAN. Kelebihannya apabila pengguna berpindah-pindah maka dia akan tetap terkonfigurasi sebagai anggota dari VLAN tersebut. Kekurangannya adalah setiap mesin harus dikonfigurasi secara m

Jenis Router, Keutungan, dan Kerugian Router

Ada tiga  jenis router yang biasa digunakan dalam  jaringan komputer , yaitu: Router PC Router PC adalah komputer dengan sistem operasi yang memiliki fasilitas untuk membagi  dan men-sharing IP Address. Perangkat jaringan (PC) yang terhubung ke komputer tersebut akan dapat menikmati IP Address atau koneksi internet yang disebarkan oleh sistem operasi tersebut. Contoh sistem operasi yang dapat digunakan adalah semua sistem operasi berbasis client-server, seperti Windows NT, Windows NT 4.0, Windows 2000 server, Windows 2003 Server, MikroTik (Berbasis Linux), dan lain-lain. Router Aplikasi Router aplikasi adalah aplikasi yang dapat di-install pada sistem operasi sehingga sistem operasi tersebut akan memiliki kemampuan seperti router. Contoh aplikasi ini adalah Winroute, WinGate, SpyGate, dan WinProxy. Router Hardware Router hardware adalah hardware yang memiliki kemampuan seperti router sehingga dari hardware tersebut dapat memancarkan atau membagi IP Address dan men-sharing IP

Keuntungan dan Kerugian VoIP

Keuntungan VoIP Bertelepon menggunakan VoIP memberikan banyak keuntungan. Yang paling terlihat adalah dari segi biaya yang jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global sehingga untuk hubungan internasional dapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat ditekan karena jaringan suara dan data terpisah, sehingga IP phone dapat ditambah, dipindah, dan diubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang disembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon tradisional yang harus mempunyai port tersendiri di sentral atau PBX. Kelemahan VoIP Begitu banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh VoIP, tetapi masih ada kelemahan-kelemahan yang ditemukan seperti sulitnya mengirimkan fax, perlu jalur internet yang cepat ( biasanya backbone diharuskan menggunakan Fiber Optic ), dan susah untuk menentukan emergency call. Kelemahan jaringan yang menjadi musuh utama dari VoIP antara lain : -      Delay Jaringan yang berbasis atau dengan backbone