Skip to main content

Jualan gambar dan video di internet, bisa?

 Disclaimer: Saya bukan mau sok ngajarin sih ya, soalnya saya aja baru beberapa waktu ini kepikiran dan nemu beberapa referensi untuk Jualan gambar dan video di internet. Jadi mohon maaf ya kalau ada pertanyaan yang tidak bisa saya jawab secara teknis karena masih newbie.

Jadi ceritanya begini ya. Awalnya merasa ternyata memori di handphone itu kok cepat banget habisnya. Pas dicek ternyata didominasi sama gambar dan video. Kepikiran untuk rutin pindahin gambar sama video dari handphone ke personal computer saya. Tapi lama-lama kok malah harddisk PC nya yang full. Alhasil mulailah ngorek-ngorek file lama yang mana tau bisa dibuang untuk menghemat space harddisk. Diliatin satu per satu gambar sama video lama, pengen dihapus sayang tapi kalau ga dihapus jadi sampah. Nah dari sinilah mulai kepikiran kenapa ga di-upload aja ke internet, ke cloud gitu, biar nantinya bisa dibuka kapan aja dan dimana saja. 

Pertanyaan selanjutnya kan sayang juga gambar-gambar yang sifatnya tidak private, mungkin foto-foto iseng tempat wisata, jalanan kosong, hutan seram, bisa ga ya ini dijual di internet. Seperti biasa kan kita pasti nanya google tuh buat nyari jawabannya. Kemudian banyaklah muncul opsi-opsi untuk me-monetize gambar dan video di internet yang disebut dengan microstock. Pelan-pelan belajar apa itu microstock, website mana aja yang bersifat microstock dan cara daftarnya gimana. Belajarnya udah pasti di google dan youtube ya, jadi ketemulah channel youtube mas fajrul islami dan mas bima. Nontonin video mereka one by one, kemudian saya langsung daftar deh ke beberapa web microstock yang mereka sarankan yaitu shutterstock, getty images, eyeem dan dreamstime. Syukurnya saya dari keempat website tersebut yang berhasil daftar dan di-approve hanya di tiga microstock pada awalnya. 

Saya sekarang lagi fokus sama 1 microstock aja, shutterstock, berdasarkan video dari mas Bima yang mengatakan demikian. Saya pegang prinsipnya pertama itu ambil gambar, upload, submit, lupakan dan ulangi lagi. Tapi diperjalanannya ternyata menerima penolakan itu sakit banget, padahal itu hanya gambar aja yah. 

Kamera pertama yang saya gunakan itu adalah handphone Redmi Note 9 Pro. Handphone dengan kamera kentang yang kebanyakan hasil gambar dan video tidak di-approve sama shutterstock. Pake kamera ini saya hanya bisa mengambil foto close up dari objek aja, biasanya tanaman atau bunga-bungaan. Bisa juga ngambil gambar background seperti dinding bata merah dan lainnya. 

Kemudian saya punya kamera prosumer yang sudah termasuk jadul tahun 2022 ini, yaitu fujifilm HS25EXR. Pake kamera ini saya awalnya pengen belajar ngambil foto bulan yang jernih. Ketemu dan dapat hasil gambarnya, langsung upload dan di approve, alhamdulillah. Tapi karena bentuknya yang besar, mirip kamera DSLR, jadi jarang dipake. 

Nah, sekarang sudah pake handphone yang lebih bagus sih, hasil nego sama istri dengan alasan biar lebih produktif (padahal ga :P). Pake yang sekarang gambar dan video sudah banyak yang di-approve. Sampai post ini dibuat sudah ada sekitar 50an portofolio gambar dan 5 portofolio video dengan kualitas 4k 60 fps. 

Jadi buat teman-teman yang punya hobi fotografi baik itu menggunakan handphone, camera digital atau lainnya, jika berminat bisa mencoba menjual gambar dan video hasil karyanya ke beberapa microstock di bawah, ini merupakan link referral saya ya.

shutterstock




Comments

  1. Nice idea.. i will try.. btw thanks bro..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Keanggotaan, Keuntungan, dan Konfigurasi Umum VLAN

Keanggotaan dalam suatu  VLAN dapat dikelompokkan berdasarkan port yang digunakan, MAC address, atau tipe protokol yang digunakan. Berdasarkan Port Keanggotaan pada suatu VLAN dapat di dasarkan pada port yang digunakan oleh VLAN tersebut. Sebagai contoh, pada bridge/switch dengan 4 port, port 1, 2,  dan 4 merupakan VLAN 1 sedang port 3 dimiliki oleh VLAN 2, lihat Tabel 2.1 berikut ini. Tabel 2.1 VLAN berdasarkan port Port 1 2 3 4 VLAN ID 2 2 1 2 Kelemahannya adalah pengguna tidak bisa untuk berpindah-pindah. Apabila harus berpindah maka administrator  jaringan harus mengkonfigurasikan ulang. Berdasarkan MAC Address Keanggotaan suatu VLAN didasarkan pada MAC address dari setiap  komputer yang dimiliki oleh pengguna. Switch akan mencatat semua MAC address yang dimiliki oleh setiap Virtual LAN. Kelebihannya apabila pengguna berpindah-pindah maka dia akan tetap terkonfigurasi sebagai anggota dari VLAN tersebut. Kekurangannya adalah setiap mesin harus dikonfigurasi secara m

2 HARI PERJALANAN MENGELILINGI DANAU TOBA, SUMATERA UTARA - PART 2

Oke, mari kita lanjut lagi cerita tentang 2 hari perjalanan mengeliingi Danau Toba, Sumatera Utara . Sudah capek main air di pinggir danau, makan siang pun datang menghampiri. Walaupun Cuma nasi bungkus pake lauk ikan mas gulai, rasanya begitu enak dinikmati. Mungkin karena sudah kelaparan dan kecapaean kali yah. Sembari menunggu yang lain selesai dengan makan siangnya masing-masing, yang sudah selesai makan bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan menuju tempat penginapan. Tidak terlalu jauh dari lokasi permainan air, sekitar 45 menit perjalanan sudah sampai di penginapan. Penginapannya lumayan besar dan mempunyai halaman pinggir danau Toba sendiri. Sebagian dari teman-teman masih menyambung permainan airnya yang sempat terhenti siang itu. Sore hari pun menjelma dengan munculnya warna jingga di pinggir danau. Teman-teman memanfaatkan waktu tersebut untuk merebahkan badan sebentar di kamar masing-masing. Yang anak mudanya sih masih aja punya tenaga untuk bermain bola. Namanya juga a

Pengalaman Pembuatan SKCK di Bogor

Baru tadi siang saya ngerasa pelayanan terbaik dari kepolisian tentang pembuatan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Sampai sekarang ini saya sudah 4 kali mengurus SKCK (seingat saya sih :p), tapi yang terakhir ini yang paling super super ajib. Mungkin gara-gara saya cuma perpanjang SKCK lama kali yah, makanya bisa cepat. Yang penting saya ga lama-lama di kantor polisi tadi, takut ntar malah dimasukin ke sel gara-gara tampang saya yang lumayan sangar :)). Tadi cuma butuh waktu kurang dari 30 menit buat selesaiin semua urusan SKCK, padahal dulu bisa sampe ganti hari baru dapat SKCK ini, huff. Wokeh, mungkin sekedar informasi aja buat yang belum tau, yang udah tau yah sekedar mengingatkan kembali, ini dia syarat-syarat pengurusan SKCK Pembuatan SKCK baru Surat pengantar