Skip to main content

Jualan gambar dan video di internet, bisa?

 Disclaimer: Saya bukan mau sok ngajarin sih ya, soalnya saya aja baru beberapa waktu ini kepikiran dan nemu beberapa referensi untuk Jualan gambar dan video di internet. Jadi mohon maaf ya kalau ada pertanyaan yang tidak bisa saya jawab secara teknis karena masih newbie.

Jadi ceritanya begini ya. Awalnya merasa ternyata memori di handphone itu kok cepat banget habisnya. Pas dicek ternyata didominasi sama gambar dan video. Kepikiran untuk rutin pindahin gambar sama video dari handphone ke personal computer saya. Tapi lama-lama kok malah harddisk PC nya yang full. Alhasil mulailah ngorek-ngorek file lama yang mana tau bisa dibuang untuk menghemat space harddisk. Diliatin satu per satu gambar sama video lama, pengen dihapus sayang tapi kalau ga dihapus jadi sampah. Nah dari sinilah mulai kepikiran kenapa ga di-upload aja ke internet, ke cloud gitu, biar nantinya bisa dibuka kapan aja dan dimana saja. 

Pertanyaan selanjutnya kan sayang juga gambar-gambar yang sifatnya tidak private, mungkin foto-foto iseng tempat wisata, jalanan kosong, hutan seram, bisa ga ya ini dijual di internet. Seperti biasa kan kita pasti nanya google tuh buat nyari jawabannya. Kemudian banyaklah muncul opsi-opsi untuk me-monetize gambar dan video di internet yang disebut dengan microstock. Pelan-pelan belajar apa itu microstock, website mana aja yang bersifat microstock dan cara daftarnya gimana. Belajarnya udah pasti di google dan youtube ya, jadi ketemulah channel youtube mas fajrul islami dan mas bima. Nontonin video mereka one by one, kemudian saya langsung daftar deh ke beberapa web microstock yang mereka sarankan yaitu shutterstock, getty images, eyeem dan dreamstime. Syukurnya saya dari keempat website tersebut yang berhasil daftar dan di-approve hanya di tiga microstock pada awalnya. 

Saya sekarang lagi fokus sama 1 microstock aja, shutterstock, berdasarkan video dari mas Bima yang mengatakan demikian. Saya pegang prinsipnya pertama itu ambil gambar, upload, submit, lupakan dan ulangi lagi. Tapi diperjalanannya ternyata menerima penolakan itu sakit banget, padahal itu hanya gambar aja yah. 

Kamera pertama yang saya gunakan itu adalah handphone Redmi Note 9 Pro. Handphone dengan kamera kentang yang kebanyakan hasil gambar dan video tidak di-approve sama shutterstock. Pake kamera ini saya hanya bisa mengambil foto close up dari objek aja, biasanya tanaman atau bunga-bungaan. Bisa juga ngambil gambar background seperti dinding bata merah dan lainnya. 

Kemudian saya punya kamera prosumer yang sudah termasuk jadul tahun 2022 ini, yaitu fujifilm HS25EXR. Pake kamera ini saya awalnya pengen belajar ngambil foto bulan yang jernih. Ketemu dan dapat hasil gambarnya, langsung upload dan di approve, alhamdulillah. Tapi karena bentuknya yang besar, mirip kamera DSLR, jadi jarang dipake. 

Nah, sekarang sudah pake handphone yang lebih bagus sih, hasil nego sama istri dengan alasan biar lebih produktif (padahal ga :P). Pake yang sekarang gambar dan video sudah banyak yang di-approve. Sampai post ini dibuat sudah ada sekitar 50an portofolio gambar dan 5 portofolio video dengan kualitas 4k 60 fps. 

Jadi buat teman-teman yang punya hobi fotografi baik itu menggunakan handphone, camera digital atau lainnya, jika berminat bisa mencoba menjual gambar dan video hasil karyanya ke beberapa microstock di bawah, ini merupakan link referral saya ya.

shutterstock




Comments

Popular posts from this blog

Keanggotaan, Keuntungan, dan Konfigurasi Umum VLAN

Keanggotaan dalam suatu  VLAN dapat dikelompokkan berdasarkan port yang digunakan, MAC address, atau tipe protokol yang digunakan. Berdasarkan Port Keanggotaan pada suatu VLAN dapat di dasarkan pada port yang digunakan oleh VLAN tersebut. Sebagai contoh, pada bridge/switch dengan 4 port, port 1, 2,  dan 4 merupakan VLAN 1 sedang port 3 dimiliki oleh VLAN 2, lihat Tabel 2.1 berikut ini. Tabel 2.1 VLAN berdasarkan port Port 1 2 3 4 VLAN ID 2 2 1 2 Kelemahannya adalah pengguna tidak bisa untuk berpindah-pindah. Apabila harus berpindah maka administrator  jaringan harus mengkonfigurasikan ulang. Berdasarkan MAC Address Keanggotaan suatu VLAN didasarkan pada MAC address dari setiap  komputer yang dimiliki oleh pengguna. Switch akan mencatat semua MAC address yang dimiliki oleh setiap Virtual LAN. Kelebihannya apabila pengguna berpindah-pindah maka dia akan tetap terkonfigurasi sebagai anggota dari VLAN tersebut. Kekurangannya adalah setiap mesin harus dikonfigurasi secara m

Share Test Calon Pegawai Bank BRI

Pengen sharing lagi nih tentang test pencari kerja. Sekarang saya ingin menceritakan tentang pengalaman testing di penerimaan salah satu bank BUMN yang sudah tentu semua orang kenal, Bank BRI. Mendengar nama Bank BRI saja para pelamar dan fresh graduated sudah memikirkan gaji besar, hehehe. Tidak bisa dipungkiri dengan tersebarnya bank BRI sampai ke pelosok kecamatan, membuat bank BRI dikenal luas oleh masyarakat. Untuk penerimaan pegawai baru di BRI bisa dibilang sebenarnya lumayan cepat. Karena BRI sering kerja sama dengan kampus-kampus besar di Indonesia. Tapi beberapa tahun belakangan ini penerimaan masih berpusat di pulau Jawa. Cukup sering ikut nyobain test masuknya, ada kira-kira 5 kali melamar. Dari 5 kali lamaran itu cuma bisa 2 kali lolos administrasi, itu pun di kampus almamater sendiri. Pas nyoba di lokasi yang lain tidak pernah lolos administrasi, hahahaha. Sebenarnya simpel banget tahapan test yang dilakuin oleh pihak BRI. Ketika mereka kerja sama dengan pihak kampus,

Jenis Router, Keutungan, dan Kerugian Router

Ada tiga  jenis router yang biasa digunakan dalam  jaringan komputer , yaitu: Router PC Router PC adalah komputer dengan sistem operasi yang memiliki fasilitas untuk membagi  dan men-sharing IP Address. Perangkat jaringan (PC) yang terhubung ke komputer tersebut akan dapat menikmati IP Address atau koneksi internet yang disebarkan oleh sistem operasi tersebut. Contoh sistem operasi yang dapat digunakan adalah semua sistem operasi berbasis client-server, seperti Windows NT, Windows NT 4.0, Windows 2000 server, Windows 2003 Server, MikroTik (Berbasis Linux), dan lain-lain. Router Aplikasi Router aplikasi adalah aplikasi yang dapat di-install pada sistem operasi sehingga sistem operasi tersebut akan memiliki kemampuan seperti router. Contoh aplikasi ini adalah Winroute, WinGate, SpyGate, dan WinProxy. Router Hardware Router hardware adalah hardware yang memiliki kemampuan seperti router sehingga dari hardware tersebut dapat memancarkan atau membagi IP Address dan men-sharing IP