Blog di Blogspot.com jadi Diary, bisa?

dear diary
Sebelumnya kan udah ngebahas tentang blog wordpress jadi diary online, sekarang ngebahas gimana caranya untuk blog gratisan lainnya, blogger atau blogspot.com. Secara umum semua penyedia blog yang ada di internet mempunyai fitur untuk setting privacy nya. Paling beda-beda dikit dibagian cara ngaturnya aja. Kalau yang suka ngoprek sih bakalan gampang nemuinnya. Tapi ga ada salahnya kan nge-share caranya biar  prosesnya lebih cepat, hehehee.
Mari kita lihat cara setting blog di blogspot.

  • Yang pasti harus login ke blogger.com dan punya blog yang pengen di private. Klo ga ada yah ngapain ngikutin langkah selanjutnya :p.
  • Pilih Setting dari blog yang ingin diilangin dari public.
  • Setelah itu pilih bagian Permission.
  • Disitu ada 2 bagian, Blog Authors sama Blog Readers. Kita edit yang ada di bagian Blog Readers, pilih Only blog authors.
Selesai deh setting nya. Ada beberapa perbedaan antara wordpress dan blogspot dalam privatisasi blog.
  1. Wordpress masih memberikan ijin kepada authors untuk memilih user yang bisa membaca meski sudah di setting jadi private. Sedangkan di blogspot, hal itu bisa dilakukan jika memilih only people I choose pada bagian Blog Readers nya.
  2. Jumlah dari orang yang diperbolehkan melihat blog. Wordpress hanya sampai 35 users, sedangkan blogspot memberikan akses untuk 100 users pada pilihan only people I choose.
Begitulah kira-kira hal yang bisa ane jelasin, kurang lebihnya mohon diklarifikasi yah.