Blog di Wordpress.com jadi Diary, bisa?

dear diary
Iseng-iseng tadi ngutak-ngatik settingan di blog wordpress, ada yang sedikit asyik untuk di share kepada sesama pengguna. Ternyata di blog wordpress.com itu bisa di setting jadi blog yang private, cuma kita aja yang bisa ngebuka dan ngebaca isinya. Bisa sih orang lain yang baca, asal dikasih privilege ( bahasa kerennya itu izin ) untuk membacanya. Nah, ini nih yang ngebuat saya kepikiran kok jadi kayak apaaa gitu. Ada yang tau? Pasti pada tau lah, apa lagi yang cewek-cewek pasti tau betul tuh apa yang saya maksud. Apa tadi? Sepertinya ada yang jawab, hehehehe. Betul banget, jadinya mirip sama diary pribadi. Kan cewek-cewek tu sering curhat tuh disitu, entah itu masalah sama pacar, teman, keluarga, atau lain sebagainya lah. Sekarang ini kita bisa nulis diary nya secara online aja, kan lebih aman tuh. Kalau buku diary kan bisa diambil atau dibaca orang tanpa kita tau tuh, yang ini ga bakalan bisa dibaca oleh orang lain tanpa izin dari kita. Manstab kan, jadi lebih rahasia gitu.

Sebenarnya sih ini lebih dominan untuk cewek aja kali yah, walaupun ada sebagian cowok yang suka nulis diary (cowok yang kayak gimana yah itu :p ). Tapi terkadang kan cewek tu paling malas kalau udah urusan oprek-oprek sesuatu. Cewek tu pengennya yang instant aja, langsung jadi n siap pakai. Makanya disini saya mau ngasih langkah-langkah untuk ngubah blog nya sista yang ada di wordpress.com menjadi diary private buat sista tanpa takut dibaca oleh siapa pun (kecuali yang punya wordpress.com nya yah :p. toh mang dia ngerti bahasa indonesia apa :)) ).  Make gambar ato ga yah?? Keliatannya ga useh deh yah, orang cuma beberapa kali klik udah beres kok. Ini dia langkah-langkahnya :


  1. Yang pasti harus login dulu lah ke blog nya sista. Kalau lupa username sama passwordnya jangan tanya saya yah :p
  2. Kalau udah login pasti udah nyampe Dashboard nya kan tu. Habis itu scroll ke bawah sampe nemu Setting. Klik aja deh tu tanda panah ke bawah yang dekat tulisan Setting nya.
  3. Bakalan keluar deh tu pilihan-pilihan yang bisa sista klik. Untuk yang sekarang sista pilih Privacy. Jangan lupa di klik yah.
  4. Nah, di pilihan Site Visibility itu kan ada 3 pilihan, sista pilih yang paling bawah aja dan langsung save. 
  5. Tara.... dah selesai sista punya diary online sendiri. Buat nyoba udah berhasil apa ga nya, sista logout dan coba masuk ke blog sista. Kalau udah ga bisa dibuka, berarti blog sista udah di protected sama wordpress.com nya.
Nah, sekarang mari kita pikirkan alasannya kenapa make blog sebagai diary online. Ini dia beberapa alasan yang saya tau :
  • Tidak takut tercecer ntar. Kan kalau tercecer di tempat yang rame bakalan ada yang nemu n baca isi diary sista.
  • Tingkat keamanannya yang lebih baik ketimbang buku biasa.
  • Ga bakalan usang deh tu diary onlinenya, hehehehe.
  • Bisa nulis atau curhat di diary dari mana saja dan kapan saja. Secara kan sekarang internetan sudah bisa lewat HP, jadi blogging juga bisa lewat HP lah :D
  • Silahkan sista tambahin sendiri yah alasannya apa lagi.
Sekarang selamat menulis sepuasnya yah tanpa ketauan sama orang yang lagi kita curhatin di diary online.