Skip to main content

Pdam tirtanadi medan mengecewakan

antrean warga di loket pembayaran PDAM Tirtanadi Medan - Jl Petani 1Sesuai judulnya nih, sedikit mengeluarkan isi kepala yang sudah mulai full. PDAM di Medan ini ternyata mengecewakan sekali untuk pelayanannya. Tidak adanya sosialisasi tentang perubahan sistem pembayaran dari mereka jemput bola menjadi jaga kandang, jam kerja PDAM yang makin pendek 08.00 - 15.00 WIB Senin - Jumat, loket pelayanannya tidak difungsikan semua, dan yang terakhir adalah antrean yang membludak. Ini case-nya yang tempat pembayaran di jalan Petani No 1, yang seberang jalannya taman makam pahlawan.

Bulan-bulan sebelumnya pihak PDAM Medan mengutus perpanjangan tangan mereka untuk mengetuk pintu rumah warga. Tujuannya untuk mengantarkan tagihan pemakaian air dan bisa langsung bayar disitu juga. Ini yang saya anggap mereka jemput bola. Awalnya mikir kenapa udah tahun 2014 ini masih mengandalkan sistem manual seperti ini?? Apa belum bisa online gitu. Kekurangannya sistem ini sih memang terkadang rumah yang saat dikunjungi itu tidak ada penghuninya, berarti tagihan itu akan diantar kembali bulan depan beserta dendanya.

nomor antrean 72 di kloter ke-2Dengar-dengar tadi saat warga bercengkrama di luar sambil mengeluarkan kekesalannya, ternyata harusnya per 1 November pembayaran PDAM sudah bisa online. Tapi ada warga yang mencoba di ATM belum ada pilihan untuk pembayaran tagihan air PDAM Medan. Jadi informasinya masih simpang siur alias masih isu-isu gitu. Karena melihat banyaknya warga yang antre sampai diluar loket pembayaran, saya sempat mau mengurungkan niat untuk pulang saja. Tapi ada suara yang saya dengar ternyata antrean yang sekarang itu sudah kloter kedua. Kaget juga mendengarnya. Jadi saya coba minta nomor antrean dan dapatlah nomor 72 seperti di gambar.

Saya tanya ke satpamnya, ini kira-kira masih bisa ga dapat giliran sebelum jam 3? Dia bilang mungkin pak, karena mereka ga ada waktu istirahatnya. Waw, hebat yah ga ada waktu istirahatnya, hehehe. Mungkin gara-gara itu kali yah waktu kerjanya jadi lebih cepat pulang di jam 3 sore. Ok, sekarang mari kita buat hitung-hitungannya.

Kondisi awal nih:
a. Nomor antrean yang saya pegang adalah nomor 72
b. Di dalam loket masih kloter pertama, dan baru memasuki nomor antrean 30an.
c. Asumsikan nomor antreannya di dalam sudah nomor 35
d. Seorang pelanggan dilayani rata-rata 5 menit
Jadi kalau dihitung saya nomor antrean ke (100-35)+72 = 65+72 = 137
Waktu yang harus saya luangkan adalah 136 * 5 menit = 680 menit = 11 jam lebih.
kalau kita kecilin lagi waktu pelayanan jadi 2 menit, maka 136 * 2 menit = 272 menit = 4,5 jam lebih.

Wakakakak, itu belum ditambah sama berantemnya pelanggan sama orang loketnya loh. Jadi saya putuskan untuk tidak kembali lagi kesana. Mudah-mudahan pembayaran onlinenya cepat berfungsi agar tidak membuang-buang waktu antre di loket cuma buat bayar air ini.

Comments

Popular posts from this blog

Keanggotaan, Keuntungan, dan Konfigurasi Umum VLAN

Keanggotaan dalam suatu  VLAN dapat dikelompokkan berdasarkan port yang digunakan, MAC address, atau tipe protokol yang digunakan. Berdasarkan Port Keanggotaan pada suatu VLAN dapat di dasarkan pada port yang digunakan oleh VLAN tersebut. Sebagai contoh, pada bridge/switch dengan 4 port, port 1, 2,  dan 4 merupakan VLAN 1 sedang port 3 dimiliki oleh VLAN 2, lihat Tabel 2.1 berikut ini. Tabel 2.1 VLAN berdasarkan port Port 1 2 3 4 VLAN ID 2 2 1 2 Kelemahannya adalah pengguna tidak bisa untuk berpindah-pindah. Apabila harus berpindah maka administrator  jaringan harus mengkonfigurasikan ulang. Berdasarkan MAC Address Keanggotaan suatu VLAN didasarkan pada MAC address dari setiap  komputer yang dimiliki oleh pengguna. Switch akan mencatat semua MAC address yang dimiliki oleh setiap Virtual LAN. Kelebihannya apabila pengguna berpindah-pindah maka dia akan tetap terkonfigurasi sebagai anggota dari VLAN tersebut. Kekurangannya adalah setiap mesin harus dikonfigurasi secara m

2 HARI PERJALANAN MENGELILINGI DANAU TOBA, SUMATERA UTARA - PART 2

Oke, mari kita lanjut lagi cerita tentang 2 hari perjalanan mengeliingi Danau Toba, Sumatera Utara . Sudah capek main air di pinggir danau, makan siang pun datang menghampiri. Walaupun Cuma nasi bungkus pake lauk ikan mas gulai, rasanya begitu enak dinikmati. Mungkin karena sudah kelaparan dan kecapaean kali yah. Sembari menunggu yang lain selesai dengan makan siangnya masing-masing, yang sudah selesai makan bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan menuju tempat penginapan. Tidak terlalu jauh dari lokasi permainan air, sekitar 45 menit perjalanan sudah sampai di penginapan. Penginapannya lumayan besar dan mempunyai halaman pinggir danau Toba sendiri. Sebagian dari teman-teman masih menyambung permainan airnya yang sempat terhenti siang itu. Sore hari pun menjelma dengan munculnya warna jingga di pinggir danau. Teman-teman memanfaatkan waktu tersebut untuk merebahkan badan sebentar di kamar masing-masing. Yang anak mudanya sih masih aja punya tenaga untuk bermain bola. Namanya juga a

Pengalaman Pembuatan SKCK di Bogor

Baru tadi siang saya ngerasa pelayanan terbaik dari kepolisian tentang pembuatan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Sampai sekarang ini saya sudah 4 kali mengurus SKCK (seingat saya sih :p), tapi yang terakhir ini yang paling super super ajib. Mungkin gara-gara saya cuma perpanjang SKCK lama kali yah, makanya bisa cepat. Yang penting saya ga lama-lama di kantor polisi tadi, takut ntar malah dimasukin ke sel gara-gara tampang saya yang lumayan sangar :)). Tadi cuma butuh waktu kurang dari 30 menit buat selesaiin semua urusan SKCK, padahal dulu bisa sampe ganti hari baru dapat SKCK ini, huff. Wokeh, mungkin sekedar informasi aja buat yang belum tau, yang udah tau yah sekedar mengingatkan kembali, ini dia syarat-syarat pengurusan SKCK Pembuatan SKCK baru Surat pengantar