Skip to main content

2 HARI PERJALANAN MENGELILINGI DANAU TOBA, SUMATERA UTARA - PART 2

penginapan kecil tapi besarOke, mari kita lanjut lagi cerita tentang 2 hari perjalanan mengeliingi Danau Toba, Sumatera Utara. Sudah capek main air di pinggir danau, makan siang pun datang menghampiri. Walaupun Cuma nasi bungkus pake lauk ikan mas gulai, rasanya begitu enak dinikmati. Mungkin karena sudah kelaparan dan kecapaean kali yah. Sembari menunggu yang lain selesai dengan makan siangnya masing-masing, yang sudah selesai makan bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan menuju tempat penginapan. Tidak terlalu jauh dari lokasi permainan air, sekitar 45 menit perjalanan sudah sampai di penginapan. Penginapannya lumayan besar dan mempunyai halaman pinggir danau Toba sendiri. Sebagian dari teman-teman masih menyambung permainan airnya yang sempat terhenti siang itu.

Sore hari pun menjelma dengan munculnya warna jingga di pinggir danau. Teman-teman memanfaatkan waktu tersebut untuk merebahkan badan sebentar di kamar masing-masing. Yang anak mudanya sih masih aja punya tenaga untuk bermain bola. Namanya juga anak muda yah, masih banyak simpanan tenaganya.
Mari bernyanyi bersama, karaoke seadanyaMalam hari tiba, waktunya makan malam dan acara malam yang beraksi. Ada yang bakar jagung, ada juga yang nyanyi-nyanyi ala tempat karaoke di ruangan yang sudah disediakan orang penginapan. Jagung 1 karung habis dalam waktu singkat, padahal baru pada makan tapi tetap aja masih muat jagung bakarnya. Ibu-ibu kumpul sesama ibu-ibu
mari bakar jagung di danau tobadan ngobrol tentang hal-hal yang mereka sukai. Sedangkan bapak-bapaknya mulai dengan ngobrol ngalor ngidul. Makin lama cuacanya semakin dingin, sehingga sebagian memilih untuk masuk ke kamar masing-masing untuk istirahat. Yang masih di luar melanjutkan kegiatan dengan sedikit permainan kartu. Yang kalah bakalan disuruh jongkok sampai dia menang kembali. Begitulah malam berlalu sampai subuh menjelma.

sunrise di danau tobaPukul 06.00 WIB esok harinya, semua dibangunkan untuk bersiap-siap agar tidak ketinggalan kapal feri buat nyebrang ke Parapat. Sarapan, cek terakhir perlengkapan, dan mulai lagi konvoi menuju pelabuhan terdekat. Ternyata masih kepagian di pelabuhan, akhirnya dimanfaatkan untuk mengunjungi objek wisata di dekat-dekat pelabuhan, seperti patung sigale-gale dan makam raja. Ada yang beli souvenir dan buah-buahan untuk oleh-oleh. Disempatkan pula untuk mengabadikan momen dengan mengambil foto bersama di pintu masuk pelabuhan itu. Kapal feri pun tiba dan siap-siap menyeberang ke Parapat.

pelabuhan ferry tomok, samosir parkir di pelabuhan tomok
souvenir disekitar pelabuhan tomok papan informasi tempat wisata di tomok
makam raja patung sigale-gale dan rumah adat batak

dalam ferry, mulai menyebrang danau tobaSampai di Parapat, perjalanan dilanjutkan menuju tempat makan siang yang sudah direncanakan, Tongging. Sekitar 4 jam-an juga menuju lokasi tersebut dan pake nyasar juga. Selama perjalanan menikmati pemandangan pinggiran Danau Toba yang begitu Indah dan mengagumkan. Di Tongging sudah disiapkan makan siang berupa berbagai macam menu ikan bakar khas Tongging. Namanya juga lagi dalam perjalanan, selalu menyempatkan waktu untuk foto-foto sebagai bukti otentik sudah pernah ke lokasi itu. Tongging adalah lokasi terakhir yang sebelum pulang ke Medan.
tongging, tempat makan ikan bakarMakan ikan bakar bersama


Demikianlah perjalan 2 hari mengunjungi Danau Toba yang sudah pernah saya lakukan. Mudah-mudahan ada kesempatan berikutnya untuk mengunjungi Danau Toba lagi dan lagi.



Sponsored by: www.discoverturnkey.com, agen beli pulsa murah otoamtis

Comments

Popular posts from this blog

Keanggotaan, Keuntungan, dan Konfigurasi Umum VLAN

Keanggotaan dalam suatu  VLAN dapat dikelompokkan berdasarkan port yang digunakan, MAC address, atau tipe protokol yang digunakan. Berdasarkan Port Keanggotaan pada suatu VLAN dapat di dasarkan pada port yang digunakan oleh VLAN tersebut. Sebagai contoh, pada bridge/switch dengan 4 port, port 1, 2,  dan 4 merupakan VLAN 1 sedang port 3 dimiliki oleh VLAN 2, lihat Tabel 2.1 berikut ini. Tabel 2.1 VLAN berdasarkan port Port 1 2 3 4 VLAN ID 2 2 1 2 Kelemahannya adalah pengguna tidak bisa untuk berpindah-pindah. Apabila harus berpindah maka administrator  jaringan harus mengkonfigurasikan ulang. Berdasarkan MAC Address Keanggotaan suatu VLAN didasarkan pada MAC address dari setiap  komputer yang dimiliki oleh pengguna. Switch akan mencatat semua MAC address yang dimiliki oleh setiap Virtual LAN. Kelebihannya apabila pengguna berpindah-pindah maka dia akan tetap terkonfigurasi sebagai anggota dari VLAN tersebut. Kekurangannya adalah setiap mesin harus dikonfigurasi secara manual. S

Protokol Pendukung VoIP

Protokol -protokol yang menjadi penunjang untuk  jaringan VoIP adalah : Protokol TCP/IPTCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol) merupakan sebuah protokol yang digunakan pada jaringan Internet. Protokol ini terdiri dari dua bagian besar, yaitu TCP dan IP. Application layer Fungsi utama lapisan ini adalah pemindahan file. Perpindahan file dari sebuah sistem ke sistem lainnya yang berbeda memerlukan suatu sistem pengendalian untuk menangatasi adanya ketidak cocokan sistem file yang berbeda beda. Protokol ini berhubungan dengan aplikasi. Salah satu contoh aplikasi yang telah dikenal misalnya HTTP (Hypertext Transfer Protocol) untuk web, FTP(File Transfer Protocol) untuk perpindahan file, dan TELNET untuk terminal maya jarak jauh. TCP (Transmission Control Protocol) Dalam mentransmisikan data pada layer Transpor ada dua protokol yang berperan yaitu TCP danUDP. TCP merupakan protokol yang connection-oriented yang artinya menjaga reliabilitas hubungan komunikadasi end-to-e

Pengalaman Pembuatan SKCK di Bogor

Baru tadi siang saya ngerasa pelayanan terbaik dari kepolisian tentang pembuatan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Sampai sekarang ini saya sudah 4 kali mengurus SKCK (seingat saya sih :p), tapi yang terakhir ini yang paling super super ajib. Mungkin gara-gara saya cuma perpanjang SKCK lama kali yah, makanya bisa cepat. Yang penting saya ga lama-lama di kantor polisi tadi, takut ntar malah dimasukin ke sel gara-gara tampang saya yang lumayan sangar :)). Tadi cuma butuh waktu kurang dari 30 menit buat selesaiin semua urusan SKCK, padahal dulu bisa sampe ganti hari baru dapat SKCK ini, huff. Wokeh, mungkin sekedar informasi aja buat yang belum tau, yang udah tau yah sekedar mengingatkan kembali, ini dia syarat-syarat pengurusan SKCK Pembuatan SKCK baru Surat pengantar