Skip to main content

Berburu Buah Segar di Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari - Enjoy the green life

Kota Bogor, Jawa Barat, memiliki berbagai tempat wisata yang tidak pernah mengecewakan para pengunjung yang datang jauh-jauh dari luar kota. Salah satu obyek wisata yang menjadi andalannya adalah taman buah Mekarsari. Taman ini dibangun sebagai kawasan wisata yang juga berfungsi sebagai tempat untuk melestarikan berbagai keragaman buah-buahan di Indonesia yang diprakasai oleh almarhumah Ibu Siti Hartinah Soeharto. Luasnya sekitar 264 hektar dan didalamnya ada sebuah telaga yang memakan lahan seluas 27 hektar. Pohon buah yang ditanam ada sekitar 100.000 pohon dan yang paling banyak adalah tanaman tropis.
Taman buah Mekarsari hanya berjarak 20 kilometer dari arah simpang Cawang Jakarta namun anda mungkin akan mengalami sedikit kesulitan karena daerah ini biasanya mengalami kemacetan lalu lintas yang luar biasa sehingga lebih disarankan untuk memulai perjalanan sebelum matahari terbit dari ibukota. Kelelahan yang anda alami di jalan akan terbayarkan saat disambut oleh berbagai tanaman dengan buah yang ranum dan siap dipetik. Beberapa buah yang bisa anda beli sebagai oleh-oleh maupun untuk dinikmati di tempat istirahat adalah:
  • ·         Durian,
  • ·         Nangka,
  • ·         Salak,
  • ·         Srikaya,
  • ·         Melon,
  • ·         Apel,
  • ·         Belimbing,
  • ·         Rambutan,
  • ·         Kelengkeng, dll.

Tergantung musimnya sih sebenarnya, jadi untung-untungan :p. Kalau mau makan duren mending tanya dulu ke orang Mekarsari-nya lagi musim atau ga. Soalnya saya dulu kesana sedang tidak musim tu duren, padahal kesana pengen makan duren tujuannya.
Sistem ticketing sudah diubah menjadi lebih modern dengan menggunakan gelang RFID. Di dalamnya tertera saldo yang bisa anda gunakan untuk masuk ke beberapa wahana maupun berbelanja buah. Keberadaan gelang ini akan mengurangi jumlah antrian pada setiap wahana yang sering terjadi sebelum pemberlakuan sistem elektonik ini. Anda bisa membawanya pulang untuk dikenakan kembali jika anda berkunjung ke taman buah ini di lain waktu atau mengembalikannya kepada petugas dan mendapatkan kembalian sesuai dengan saldo yang anda miliki.
Setelah anda memperoleh gelang RFID dan mengisi saldonya, anda bisa masuk ke taman Mekarsari Bogor yang berjarak 400 meter dari gerbang utama. Suasana yang panas akan disejukkan dengan adanya pohon markisa yang ada di menemani perjalanan anda. Anda akan melihat kereta wisata yang bisa anda kendarai untuk berkeliling taman buah sekaligus danau di dalamnya. Ada beragam wahana yang disediakan dan untuk memasukinya, anda dapat menggunakan saldo yang anda isi pada gelang elektronik.
Selain buah-buahan yang bisa anda nikmati bersama keluarga, Mekarsari memiliki wahana air unggulan yang dinamai Water Kingdom dengan luas 5,2 hektar yang terhubung dengan danau. Di sini ada beberapa permainan atraktif yang akan membuat anda terpukau seperti Boomerang slide dan Lazy river. Jika anda bosan dengan kegiatan standar seperti memetik buah, anda dapat beralih ke wisata outbound Mekarsari dengan ayunan flying fox yang digantungkan pada menara tinggi atau paintball untuk menguji kehebatan anda dalam medan perang artifisial.
Program-program ini memang ditujukan untuk acara gathering kantor atau keluarga sehingga tercipta suasana yang akrab antar anggota. Bila anda datang pada saat panen buah, anda dapat mengikutinya dengan memetik sendiri buah yang anda inginkan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Anda berkesempatan untuk menikmati buah segar yang matang langsung dari pohonnya. Sebagai saran edukasi bagi anak-anak, ada program Kids Farmer untuk mengajak si kecil menanam pohon. Dengan adanya acara ini anak-anak akan mengenal lebih dekat dunia perkebunan dan mengetahui darimana buah-buahan yang biasa mereka konsumsi setiap hari. Jadi, selain memberikan edukasi kepada anak-anak, taman buah Mekarsari juga menjadi obyek wisata yang pas untuk orang dewasa.

Tips 

Comments

Popular posts from this blog

Keanggotaan, Keuntungan, dan Konfigurasi Umum VLAN

Keanggotaan dalam suatu  VLAN dapat dikelompokkan berdasarkan port yang digunakan, MAC address, atau tipe protokol yang digunakan. Berdasarkan Port Keanggotaan pada suatu VLAN dapat di dasarkan pada port yang digunakan oleh VLAN tersebut. Sebagai contoh, pada bridge/switch dengan 4 port, port 1, 2,  dan 4 merupakan VLAN 1 sedang port 3 dimiliki oleh VLAN 2, lihat Tabel 2.1 berikut ini. Tabel 2.1 VLAN berdasarkan port Port 1 2 3 4 VLAN ID 2 2 1 2 Kelemahannya adalah pengguna tidak bisa untuk berpindah-pindah. Apabila harus berpindah maka administrator  jaringan harus mengkonfigurasikan ulang. Berdasarkan MAC Address Keanggotaan suatu VLAN didasarkan pada MAC address dari setiap  komputer yang dimiliki oleh pengguna. Switch akan mencatat semua MAC address yang dimiliki oleh setiap Virtual LAN. Kelebihannya apabila pengguna berpindah-pindah maka dia akan tetap terkonfigurasi sebagai anggota dari VLAN tersebut. Kekurangannya adalah setiap mesin harus dikonfigurasi secara m

2 HARI PERJALANAN MENGELILINGI DANAU TOBA, SUMATERA UTARA - PART 2

Oke, mari kita lanjut lagi cerita tentang 2 hari perjalanan mengeliingi Danau Toba, Sumatera Utara . Sudah capek main air di pinggir danau, makan siang pun datang menghampiri. Walaupun Cuma nasi bungkus pake lauk ikan mas gulai, rasanya begitu enak dinikmati. Mungkin karena sudah kelaparan dan kecapaean kali yah. Sembari menunggu yang lain selesai dengan makan siangnya masing-masing, yang sudah selesai makan bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan menuju tempat penginapan. Tidak terlalu jauh dari lokasi permainan air, sekitar 45 menit perjalanan sudah sampai di penginapan. Penginapannya lumayan besar dan mempunyai halaman pinggir danau Toba sendiri. Sebagian dari teman-teman masih menyambung permainan airnya yang sempat terhenti siang itu. Sore hari pun menjelma dengan munculnya warna jingga di pinggir danau. Teman-teman memanfaatkan waktu tersebut untuk merebahkan badan sebentar di kamar masing-masing. Yang anak mudanya sih masih aja punya tenaga untuk bermain bola. Namanya juga a

Pengalaman Pembuatan SKCK di Bogor

Baru tadi siang saya ngerasa pelayanan terbaik dari kepolisian tentang pembuatan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Sampai sekarang ini saya sudah 4 kali mengurus SKCK (seingat saya sih :p), tapi yang terakhir ini yang paling super super ajib. Mungkin gara-gara saya cuma perpanjang SKCK lama kali yah, makanya bisa cepat. Yang penting saya ga lama-lama di kantor polisi tadi, takut ntar malah dimasukin ke sel gara-gara tampang saya yang lumayan sangar :)). Tadi cuma butuh waktu kurang dari 30 menit buat selesaiin semua urusan SKCK, padahal dulu bisa sampe ganti hari baru dapat SKCK ini, huff. Wokeh, mungkin sekedar informasi aja buat yang belum tau, yang udah tau yah sekedar mengingatkan kembali, ini dia syarat-syarat pengurusan SKCK Pembuatan SKCK baru Surat pengantar