Skip to main content

Menjadi Target Penipuan

Sebenarnya kejadian ini terjadi kemarin siang ( 14 Agustus 2010 ) sekitar jam 2 siang. Pas lagi enak-enaknya baca, tiba-tiba ada telepon dari nomor yang tidak dikenal. Awalnya mikir itu nomor teman, soalnya semua contact list hilang bersamaan dengan hilangnya HP di kereta pas liburan semester pendek kemarin :(. Oke, saya perhatikan sejenak nomor tersebut dan berharap mengenali nomor itu. Kemudian saya angkat teleponnya dan mulailah percakapan seperti di bawah ini (kurang lebihnya mohon maaf, soalnya ga hapal semua)

Saya : "Halo?"
Penipu : "Halo"

Sampai 3 kali kata halo berulang-ulang saya ucapkan dan penipu tersebut hanya menjawab halo :bingung. Dari logatnya ngomong, penipu ini make logat bahasa Indonesia orang Medan.

Saya : "Ini siapa yah?"
Penipu : "Ini aku bang!"
Saya : "Iya, siapa?"
Penipu : "Ini aku bang, adek abang"

Karena udah mulai ngerasa familiar dengan suara dan logat nya, saya percaya kalau itu adik saya yang selama ini kuliah di Medan. OK, jadinya saya ajak ngobrolnya make bahasa daerah saja, Batak Angkola.

Saya : "Aha dehe i adi?" ( "Ada apa adi?" )
Penipu : "Iya bang, adek abang"
Saya : "Olo, aha na masa? Na sombong ma ho marbahasa Indonesia tu au!" ( "Iya, ada apa? Sombong banget make bahasa Indonesia ngomongnya!" )
Penipu : "Iya bang, ini aku adek abang" (mulai terdengar suara terisak-isak)

Saya berfikir apa sih sebenarnya yang terjadi dengan adik saya ini, kok tidak mau di ajak ngobrol make bahasa Batak Angkola.

Saya : "Olo, aha de lakna! Na ma hua do lakna ho!?" ( "Iya, ada apa!. Kenapa denganmu!?" )
Penipu : "Iya bang, ngebunuh orang aku bang"

Comments

Popular posts from this blog

Keanggotaan, Keuntungan, dan Konfigurasi Umum VLAN

Keanggotaan dalam suatu  VLAN dapat dikelompokkan berdasarkan port yang digunakan, MAC address, atau tipe protokol yang digunakan. Berdasarkan Port Keanggotaan pada suatu VLAN dapat di dasarkan pada port yang digunakan oleh VLAN tersebut. Sebagai contoh, pada bridge/switch dengan 4 port, port 1, 2,  dan 4 merupakan VLAN 1 sedang port 3 dimiliki oleh VLAN 2, lihat Tabel 2.1 berikut ini. Tabel 2.1 VLAN berdasarkan port Port 1 2 3 4 VLAN ID 2 2 1 2 Kelemahannya adalah pengguna tidak bisa untuk berpindah-pindah. Apabila harus berpindah maka administrator  jaringan harus mengkonfigurasikan ulang. Berdasarkan MAC Address Keanggotaan suatu VLAN didasarkan pada MAC address dari setiap  komputer yang dimiliki oleh pengguna. Switch akan mencatat semua MAC address yang dimiliki oleh setiap Virtual LAN. Kelebihannya apabila pengguna berpindah-pindah maka dia akan tetap terkonfigurasi sebagai anggota dari VLAN tersebut. Kekurangannya adalah setiap mesin harus dikonfigurasi secara m

Jenis Router, Keutungan, dan Kerugian Router

Ada tiga  jenis router yang biasa digunakan dalam  jaringan komputer , yaitu: Router PC Router PC adalah komputer dengan sistem operasi yang memiliki fasilitas untuk membagi  dan men-sharing IP Address. Perangkat jaringan (PC) yang terhubung ke komputer tersebut akan dapat menikmati IP Address atau koneksi internet yang disebarkan oleh sistem operasi tersebut. Contoh sistem operasi yang dapat digunakan adalah semua sistem operasi berbasis client-server, seperti Windows NT, Windows NT 4.0, Windows 2000 server, Windows 2003 Server, MikroTik (Berbasis Linux), dan lain-lain. Router Aplikasi Router aplikasi adalah aplikasi yang dapat di-install pada sistem operasi sehingga sistem operasi tersebut akan memiliki kemampuan seperti router. Contoh aplikasi ini adalah Winroute, WinGate, SpyGate, dan WinProxy. Router Hardware Router hardware adalah hardware yang memiliki kemampuan seperti router sehingga dari hardware tersebut dapat memancarkan atau membagi IP Address dan men-sharing IP

Keuntungan dan Kerugian VoIP

Keuntungan VoIP Bertelepon menggunakan VoIP memberikan banyak keuntungan. Yang paling terlihat adalah dari segi biaya yang jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global sehingga untuk hubungan internasional dapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat ditekan karena jaringan suara dan data terpisah, sehingga IP phone dapat ditambah, dipindah, dan diubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang disembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon tradisional yang harus mempunyai port tersendiri di sentral atau PBX. Kelemahan VoIP Begitu banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh VoIP, tetapi masih ada kelemahan-kelemahan yang ditemukan seperti sulitnya mengirimkan fax, perlu jalur internet yang cepat ( biasanya backbone diharuskan menggunakan Fiber Optic ), dan susah untuk menentukan emergency call. Kelemahan jaringan yang menjadi musuh utama dari VoIP antara lain : -      Delay Jaringan yang berbasis atau dengan backbone