Skip to main content

Hiren's Boot CD booting from Flash Disk (FDD)

Hiren's Boot CD adalah kumpulan tools yang sangat lengkap untuk banyak keperluan, baik itu untuk partisi, anti virus, scan bad sector, dan masih banyak lagi. Pada dasarnya tools ini berbentuk CD bootable, sehingga membutuhkan CD drive untuk menggunakannya. Ada 2 mode penggunaannya, yaitu :
1. Sebelum masuk windows
Ini hampir sama dengan cara melakukan instalasi OS. Bisa disetting dengan cara mengubah boot sequence pada bios komputer. Pada penggunaan ini semua tools yang ada dapat dipakai tanpa terkecuali.
2. Setelah masuk windows
Disini kita hanya bisa menggunakan beberapa aplikasi yang dibolehkan saja, seperti disk healthy.
Hiren's Boot CD sering digunakan oleh para teknisi komputer untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada komputer. Misalnya kita lupa password untuk masuk ke windows, dapat menggunakan tools password changer, jika kita menerima pesan ntldr is missing, bisa juga diperbaiki menggunakan tools yang ada. Sudah kita ketahui bahwa tools ini berbentuk CD dan membutuhkan CD drive untuk menggunakannya. Tapi bagaimana jika kita tidak mempunyai CD drive atau sudah rusak ( seperti punya ane gan :( )? Jawabannya kita bisa menggunakan flash disk drive (FDD) untuk menggantikan CD drive. Bagaimana caranya? Mari kita lihat langkah-langkahnya.
1. Yang perlu dipersiapkan adalah software grub4dos atau syslinux, flash disk minimal 256 MB, dan yang terakhir file iso dari Hiren's Boot CD itu sendiri.
2. Dari kedua software yang disebutkan diatas, saya lebih suka menggunakan syslinux karena simple dan cepat. Tinggal klik aplikasinya dan ketik drive letter dari flash disk yang ingin digunakan. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
3. Setelah langkah 2 selesai, extract file iso tadi ke flash disk tersebut. Untuk melakukan extract file iso bisa menggunakan winrar atau menggunakan virtual cd drive. Silahkan pilih cara yang anda suka :p.

Untuk instalasi sebenarnya sudah selesai dan sekarang tinggal uji coba. Cara mengujinya adalah dengan me-restart komputer/laptop anda. Saya lebih senang diberikan step by step, jadi ini dia step by step nya :
1. Ubah boot sequence yang ada pada bios anda. Ubah jadi urutan pertama yang dicek untuk booting adalah flash disk drive anda.
2. Ada cara yang gampang tanpa mengubah bios, yaitu saat komputer booting tekan F9 ( sesuaikan dengan bios anda ) untuk melihat daftar boot yang ada. Pilih flash disk drive anda agar booting menggunakan flash disk drive.
3. Silahkan menunggu sampai aplikasi Hiren's Boot CD nya selesai di load.
Dari pengalaman saya sebelumnya, tampilan dari Hiren's Boot CD 11.1 hampir mirip dengan grub pada linux, hanya saja lebih banyak pilihannya :p. Berbeda dengan Hiren's Boot CD ver 9.x yang langsung load semua tools yang ada dan ditampilkan kepada user.

Terdapat banyak pilihan yang bisa kita gunakan. Saya tidak bisa menjelaskan semua pilihan tersebut karena saya juga belum pernah mencoba semuanya. Sekarang kita fokus untuk masuk ke tools yang ada pada Hiren's Boot CD. Ada dimanakah pilihan untuk masuk ke tools?? Silahkan anda coba satu per satu untuk mengetahuinya :p.

Selamat yah udah bisa masuk ke menu tools nya Hiren's Boot CD.
NB :
Saya tidak menyarankan untuk menggunakan atau mencoba-coba semua tools yang ada jika anda tidak tahu apa yang anda sedang lakukan. Jika terjadi kerusakan pada PC atau laptop anda, saya tidak bertanggung jawab :p. Kalau memang mau mencoba semua tools, saya sarankan anda mencobanya di virtual box atau vmware untuk menghindari kerusakan. Terima kasih

Comments

  1. Artikel yg menarik, kunjungi jg http://masherdownload.blogspot.com/2012/03/hirens-bootcd-151-download-2012.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Keanggotaan, Keuntungan, dan Konfigurasi Umum VLAN

Keanggotaan dalam suatu  VLAN dapat dikelompokkan berdasarkan port yang digunakan, MAC address, atau tipe protokol yang digunakan. Berdasarkan Port Keanggotaan pada suatu VLAN dapat di dasarkan pada port yang digunakan oleh VLAN tersebut. Sebagai contoh, pada bridge/switch dengan 4 port, port 1, 2,  dan 4 merupakan VLAN 1 sedang port 3 dimiliki oleh VLAN 2, lihat Tabel 2.1 berikut ini. Tabel 2.1 VLAN berdasarkan port Port 1 2 3 4 VLAN ID 2 2 1 2 Kelemahannya adalah pengguna tidak bisa untuk berpindah-pindah. Apabila harus berpindah maka administrator  jaringan harus mengkonfigurasikan ulang. Berdasarkan MAC Address Keanggotaan suatu VLAN didasarkan pada MAC address dari setiap  komputer yang dimiliki oleh pengguna. Switch akan mencatat semua MAC address yang dimiliki oleh setiap Virtual LAN. Kelebihannya apabila pengguna berpindah-pindah maka dia akan tetap terkonfigurasi sebagai anggota dari VLAN tersebut. Kekurangannya adalah setiap mesin harus dikonfigurasi secara manual. S

Protokol Pendukung VoIP

Protokol -protokol yang menjadi penunjang untuk  jaringan VoIP adalah : Protokol TCP/IPTCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol) merupakan sebuah protokol yang digunakan pada jaringan Internet. Protokol ini terdiri dari dua bagian besar, yaitu TCP dan IP. Application layer Fungsi utama lapisan ini adalah pemindahan file. Perpindahan file dari sebuah sistem ke sistem lainnya yang berbeda memerlukan suatu sistem pengendalian untuk menangatasi adanya ketidak cocokan sistem file yang berbeda beda. Protokol ini berhubungan dengan aplikasi. Salah satu contoh aplikasi yang telah dikenal misalnya HTTP (Hypertext Transfer Protocol) untuk web, FTP(File Transfer Protocol) untuk perpindahan file, dan TELNET untuk terminal maya jarak jauh. TCP (Transmission Control Protocol) Dalam mentransmisikan data pada layer Transpor ada dua protokol yang berperan yaitu TCP danUDP. TCP merupakan protokol yang connection-oriented yang artinya menjaga reliabilitas hubungan komunikadasi end-to-e

Pengalaman Pembuatan SKCK di Bogor

Baru tadi siang saya ngerasa pelayanan terbaik dari kepolisian tentang pembuatan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Sampai sekarang ini saya sudah 4 kali mengurus SKCK (seingat saya sih :p), tapi yang terakhir ini yang paling super super ajib. Mungkin gara-gara saya cuma perpanjang SKCK lama kali yah, makanya bisa cepat. Yang penting saya ga lama-lama di kantor polisi tadi, takut ntar malah dimasukin ke sel gara-gara tampang saya yang lumayan sangar :)). Tadi cuma butuh waktu kurang dari 30 menit buat selesaiin semua urusan SKCK, padahal dulu bisa sampe ganti hari baru dapat SKCK ini, huff. Wokeh, mungkin sekedar informasi aja buat yang belum tau, yang udah tau yah sekedar mengingatkan kembali, ini dia syarat-syarat pengurusan SKCK Pembuatan SKCK baru Surat pengantar