Hiren's Boot CD booting from Flash Disk (FDD)

Hiren's Boot CD adalah kumpulan tools yang sangat lengkap untuk banyak keperluan, baik itu untuk partisi, anti virus, scan bad sector, dan masih banyak lagi. Pada dasarnya tools ini berbentuk CD bootable, sehingga membutuhkan CD drive untuk menggunakannya. Ada 2 mode penggunaannya, yaitu :
1. Sebelum masuk windows
Ini hampir sama dengan cara melakukan instalasi OS. Bisa disetting dengan cara mengubah boot sequence pada bios komputer. Pada penggunaan ini semua tools yang ada dapat dipakai tanpa terkecuali.
2. Setelah masuk windows
Disini kita hanya bisa menggunakan beberapa aplikasi yang dibolehkan saja, seperti disk healthy.
Hiren's Boot CD sering digunakan oleh para teknisi komputer untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada komputer. Misalnya kita lupa password untuk masuk ke windows, dapat menggunakan tools password changer, jika kita menerima pesan ntldr is missing, bisa juga diperbaiki menggunakan tools yang ada. Sudah kita ketahui bahwa tools ini berbentuk CD dan membutuhkan CD drive untuk menggunakannya. Tapi bagaimana jika kita tidak mempunyai CD drive atau sudah rusak ( seperti punya ane gan :( )? Jawabannya kita bisa menggunakan flash disk drive (FDD) untuk menggantikan CD drive. Bagaimana caranya? Mari kita lihat langkah-langkahnya.
1. Yang perlu dipersiapkan adalah software grub4dos atau syslinux, flash disk minimal 256 MB, dan yang terakhir file iso dari Hiren's Boot CD itu sendiri.
2. Dari kedua software yang disebutkan diatas, saya lebih suka menggunakan syslinux karena simple dan cepat. Tinggal klik aplikasinya dan ketik drive letter dari flash disk yang ingin digunakan. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
3. Setelah langkah 2 selesai, extract file iso tadi ke flash disk tersebut. Untuk melakukan extract file iso bisa menggunakan winrar atau menggunakan virtual cd drive. Silahkan pilih cara yang anda suka :p.

Untuk instalasi sebenarnya sudah selesai dan sekarang tinggal uji coba. Cara mengujinya adalah dengan me-restart komputer/laptop anda. Saya lebih senang diberikan step by step, jadi ini dia step by step nya :
1. Ubah boot sequence yang ada pada bios anda. Ubah jadi urutan pertama yang dicek untuk booting adalah flash disk drive anda.
2. Ada cara yang gampang tanpa mengubah bios, yaitu saat komputer booting tekan F9 ( sesuaikan dengan bios anda ) untuk melihat daftar boot yang ada. Pilih flash disk drive anda agar booting menggunakan flash disk drive.
3. Silahkan menunggu sampai aplikasi Hiren's Boot CD nya selesai di load.
Dari pengalaman saya sebelumnya, tampilan dari Hiren's Boot CD 11.1 hampir mirip dengan grub pada linux, hanya saja lebih banyak pilihannya :p. Berbeda dengan Hiren's Boot CD ver 9.x yang langsung load semua tools yang ada dan ditampilkan kepada user.

Terdapat banyak pilihan yang bisa kita gunakan. Saya tidak bisa menjelaskan semua pilihan tersebut karena saya juga belum pernah mencoba semuanya. Sekarang kita fokus untuk masuk ke tools yang ada pada Hiren's Boot CD. Ada dimanakah pilihan untuk masuk ke tools?? Silahkan anda coba satu per satu untuk mengetahuinya :p.

Selamat yah udah bisa masuk ke menu tools nya Hiren's Boot CD.
NB :
Saya tidak menyarankan untuk menggunakan atau mencoba-coba semua tools yang ada jika anda tidak tahu apa yang anda sedang lakukan. Jika terjadi kerusakan pada PC atau laptop anda, saya tidak bertanggung jawab :p. Kalau memang mau mencoba semua tools, saya sarankan anda mencobanya di virtual box atau vmware untuk menghindari kerusakan. Terima kasih