Tentang Search Engine Optimizer ( SEO )

Semakin banyaknya informasi yang bisa didapatkan dari internet membuat para webmaster berlomba-lomba untuk menjadi posisi paling atas dalam search engine untuk beberapa keyword yang dimaksud. Hal ini lumrah terjadi karena pengguna internet biasanya menggunakan search engine sebagai awal untuk mencari informasi tersebut. Dengan adanya persaingan dalam posisi suatu web/blog di search engine untuk suatu keyword tertentu membuat berkembangnya teknik yang disebut dengan Search Engine Optimizer (SEO).


Sangat banyak sekali teknik Search Engine Optimizer yang bermunculan, mulai dengan memasang meta tag untuk keyword yang diinginkan, mencari backlink sebanyak-banyaknya, dan banyak lagi. Secara garis beras, teknik Search Engine Optimizer itu sendiri ada 2 jenis, yaitu SEO black hat dan SEO white hat. SEO black hat biasanya diidentikkan dengan teknik yang “jahat” atau tidak baik. Ini dikarenakan para webmaster mencoba untuk menguasai sebuah keyword tetapi dengan artikel atau post yang tidak relevan dengan keyword tersebut. Sedangkan unutk SEO white hat, para web master mencoba untuk membuat artikel atau post sebaik mungkin dan unik agar berbeda dengan yang lain yang membuat artikel atau post tersebut mempunyai nilai tersendiri di robot search engine.



Kedua teknik Search Engine Optimizer diatas bisa diterapkan dengan berbagai cara. Banyak sekali artikel-artikel  atau pun postingan blog yang membahas bagaimana cara yang baik untuk mendapatkan posisi teratas di search engine. Untuk saya pribadi ada beberapa teknik yang saya gunakan, yaitu :



  1. Berusaha membuat artikel atau post yang seunik mungkin dengan menggunakan kata-kata sendiri. Bukan tidak boleh melakukan copas dari situs tetangga, tapi hal tersebut tidak baik dan hanya bersifat sementara. Kalau memang “terpaksa” copas, diusahakan untuk diberikan beberapa modifikasi agar membedakan dengan artikel atau post aslinya.

  2. Mencari backlink yang relevan dengan postingan yang ada. Untuk backlink dari situs sendiri saya menggunakan plugin yang sudah ada, Related Post ( YARP ). Untuk backlink dari situs tetangga, mencari web atau blog yang mempunyai topik serupa. Disini bisa dilakukan teknik SEO black hat dan SEO white hat. Dengan SEO black hat, kita secara brutal mencari backlink dari berbagai situs baik itu relevan dengan postingan kita atau tidak. Berbeda dengan SEO white hat, kita secara alami mencari artikel atau posting dari situs tetangga yang relevan.

  3. Memberikan penekanan-penekanan terhadap isi tulisan kita. Hal ini terlihat dari adanya suatu kata atau phrase yang dicetak tebal atau miring.

  4. Jika postingan kita menggunakan gambar, maka jangan lupa untuk memberikan title dan alt dari gambar tersebut yang relevan dengan judul postingan.

  5. Memberikan tag post yang sesuai dengan judul dan topik. Seperti postingan ini, saya memberikan tag “search engine optimizer” dan “SEO”.

  6. Berdoalah agar pengguna internet mampir ke situs anda, hehehehe.



Mungkin itu saja teknik SEO yang saya gunakan untuk situs ini. Masih banyak sekali teknik-teknik yang ada dan bisa dieksplorasi sendiri oleh webmaster. Silahkan mencoba dan mencoba sampai anda menemukan teknik yang benar-benar cocok dengan anda.