Jenis Router

Ada tiga jenis router yang biasa digunakan dalam jaringan komputer, yaitu:

-      Router PC

Router PC adalah komputer dengan sistem operasi yang memiliki fasilitas untuk membagi dan men-sharing IP Address. Jika suatu perangkat jaringan (pc) yang terhubung ke komputer tersebut akan dapat menikmati IP Address atau koneksi internet yang disebarkan oleh sistem operasi tersebut. Contoh sistem operasi yang dapat digunakan adalah semua sistem operasi berbasis client-server, semisal Windows NT, Windows NT 4.0, Windows 2000 server, Windows 2003 Server, MikroTik (Berbasis Linux), dan lain-lain.

-      Router Aplikasi

Router aplikasi adalah aplikasi yang dapat kita install pada sistem operasi sehingga sistem operasi tersebut akan memiliki kemampuan seperti router. Contoh aplikasi ini adalah Winroute, WinGate, SpyGate, WinProxy dan lain-lain.

-      Router Hardware

Router Hardware adalah merupakan hardware yang memiliki kemampuan seperti router sehingga dari hardware tersebut dapat memancarkan atau membagi IP Address dan men-sharing IP Address. Pada prakteknya, Router hardware ini digunakan untuk membagi koneksi internet pada suatu ruang atau wilayah. Contoh dari router ini adalah access point. Wilayah yang mendapat IP Address dan koneksi internet disebut Hot Spot Area.