Berburu Buah Segar di Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari - Enjoy the green life

Kota Bogor, Jawa Barat, memiliki berbagai tempat wisata yang tidak pernah mengecewakan para pengunjung yang datang jauh-jauh dari luar kota. Salah satu obyek wisata yang menjadi andalannya adalah taman buah Mekarsari. Taman ini dibangun sebagai kawasan wisata yang juga berfungsi sebagai tempat untuk melestarikan berbagai keragaman buah-buahan di Indonesia yang diprakasai oleh almarhumah Ibu Siti Hartinah Soeharto. Luasnya sekitar 264 hektar dan didalamnya ada sebuah telaga yang memakan lahan seluas 27 hektar. Pohon buah yang ditanam ada sekitar 100.000 pohon dan yang paling banyak adalah tanaman tropis.
Taman buah Mekarsari hanya berjarak 20 kilometer dari arah simpang Cawang Jakarta namun anda mungkin akan mengalami sedikit kesulitan karena daerah ini biasanya mengalami kemacetan lalu lintas yang luar biasa sehingga lebih disarankan untuk memulai perjalanan sebelum matahari terbit dari ibukota. Kelelahan yang anda alami di jalan akan terbayarkan saat disambut oleh berbagai tanaman dengan buah yang ranum dan siap dipetik. Beberapa buah yang bisa anda beli sebagai oleh-oleh maupun untuk dinikmati di tempat istirahat adalah:
  • ·         Durian,
  • ·         Nangka,
  • ·         Salak,
  • ·         Srikaya,
  • ·         Melon,
  • ·         Apel,
  • ·         Belimbing,
  • ·         Rambutan,
  • ·         Kelengkeng, dll.

Tergantung musimnya sih sebenarnya, jadi untung-untungan :p. Kalau mau makan duren mending tanya dulu ke orang Mekarsari-nya lagi musim atau ga. Soalnya saya dulu kesana sedang tidak musim tu duren, padahal kesana pengen makan duren tujuannya.
Sistem ticketing sudah diubah menjadi lebih modern dengan menggunakan gelang RFID. Di dalamnya tertera saldo yang bisa anda gunakan untuk masuk ke beberapa wahana maupun berbelanja buah. Keberadaan gelang ini akan mengurangi jumlah antrian pada setiap wahana yang sering terjadi sebelum pemberlakuan sistem elektonik ini. Anda bisa membawanya pulang untuk dikenakan kembali jika anda berkunjung ke taman buah ini di lain waktu atau mengembalikannya kepada petugas dan mendapatkan kembalian sesuai dengan saldo yang anda miliki.
Setelah anda memperoleh gelang RFID dan mengisi saldonya, anda bisa masuk ke taman Mekarsari Bogor yang berjarak 400 meter dari gerbang utama. Suasana yang panas akan disejukkan dengan adanya pohon markisa yang ada di menemani perjalanan anda. Anda akan melihat kereta wisata yang bisa anda kendarai untuk berkeliling taman buah sekaligus danau di dalamnya. Ada beragam wahana yang disediakan dan untuk memasukinya, anda dapat menggunakan saldo yang anda isi pada gelang elektronik.
Selain buah-buahan yang bisa anda nikmati bersama keluarga, Mekarsari memiliki wahana air unggulan yang dinamai Water Kingdom dengan luas 5,2 hektar yang terhubung dengan danau. Di sini ada beberapa permainan atraktif yang akan membuat anda terpukau seperti Boomerang slide dan Lazy river. Jika anda bosan dengan kegiatan standar seperti memetik buah, anda dapat beralih ke wisata outbound Mekarsari dengan ayunan flying fox yang digantungkan pada menara tinggi atau paintball untuk menguji kehebatan anda dalam medan perang artifisial.
Program-program ini memang ditujukan untuk acara gathering kantor atau keluarga sehingga tercipta suasana yang akrab antar anggota. Bila anda datang pada saat panen buah, anda dapat mengikutinya dengan memetik sendiri buah yang anda inginkan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Anda berkesempatan untuk menikmati buah segar yang matang langsung dari pohonnya. Sebagai saran edukasi bagi anak-anak, ada program Kids Farmer untuk mengajak si kecil menanam pohon. Dengan adanya acara ini anak-anak akan mengenal lebih dekat dunia perkebunan dan mengetahui darimana buah-buahan yang biasa mereka konsumsi setiap hari. Jadi, selain memberikan edukasi kepada anak-anak, taman buah Mekarsari juga menjadi obyek wisata yang pas untuk orang dewasa.

Tips