Share Test Calon Pegawai Bank BRI

Pengen sharing lagi nih tentang test pencari kerja. Sekarang saya ingin menceritakan tentang pengalaman testing di penerimaan salah satu bank BUMN yang sudah tentu semua orang kenal, Bank BRI. Mendengar nama Bank BRI saja para pelamar dan fresh graduated sudah memikirkan gaji besar, hehehe. Tidak bisa dipungkiri dengan tersebarnya bank BRI sampai ke pelosok kecamatan, membuat bank BRI dikenal luas oleh masyarakat. Untuk penerimaan pegawai baru di BRI bisa dibilang sebenarnya lumayan cepat. Karena BRI sering kerja sama dengan kampus-kampus besar di Indonesia. Tapi beberapa tahun belakangan ini penerimaan masih berpusat di pulau Jawa. Cukup sering ikut nyobain test masuknya, ada kira-kira 5 kali melamar. Dari 5 kali lamaran itu cuma bisa 2 kali lolos administrasi, itu pun di kampus almamater sendiri. Pas nyoba di lokasi yang lain tidak pernah lolos administrasi, hahahaha.

Sebenarnya simpel banget tahapan test yang dilakuin oleh pihak BRI. Ketika mereka kerja sama dengan pihak kampus, bisa dikatakan keputusan untuk meloloskan peserta ke tahap selanjutnya berada ditangan kampus masing-masing. Jadi di tahap awal biasanya banyak banget tuh yang lolos. Persiapan untuk test psikotestnya seperti test lainnya aja, yang penting pelamar siapkan itu adalah saat masuk ke wawancara user yang akan berhadapan langsung dengan orang HRD BRI. Mari kita list tahapannya apa saja.

  • Test Psikotest
Standar banget dah klo dibilang untuk test ini, karena test ini bakalan tergantung dari kampus atau rekanan BRI yang lainnya. Sering-sering latihan aja. Psikotest ini biasanya sampai seharian dan disambung dengan TOEFL dan wawancara awal. Jadi siapin waktu anda dengan baik dan jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman. Oh iya, wawancara awal ini masih dari pihak konsultannya, belum ada campur tangan dari orang BRI. 
  • Test Bahasa Inggris

Yah mungkin disini cuma ingin melihat kemampuan bahasa inggris anda. Dan lagi-lagi ini tergantung rekanan BRI, bisa saja TOEFL atau mungkin TOEIC. Jadi siap-siap saja atau coba tanya-tanya kalau di kampus tempat test biasanya pakai test yang mana.
  • Wawancara Awal
Wawancara ini biasanya dilakuin oleh rekanan BRI, belum orang HRD BRI nya langsung. Biasanya disuruh buat nyeritain tentang diri kita pribadi, prestasi selama sekolah/kuliah, kadang dikasih kasus dan disuruh buat cari solusinya bagaimana, dan yang pasti adalah pertanyaan 'Apakah anda siap ditempatkan dimana saja?'
  • Wawancara User
Disinilah baru HRD BRI mulai beraksi. Biasanya bakalan banyak banget yang akan tersisihkan pada tahapan ini. Persiapkanlah senjata anda menghadapi interviewer nya sesuai dengan bidang anda. Bagi yang ambil PPS IT, siap-siaplah disuruh membuat program sederhana langsung di papan tulis tanpa komputer. Disinilah saya gagal, 2 kali gagal. Waktu itu saya disuruh untuk membuat segitiga pascal dengan tampilan yang benar benar segitiga. Terkadang mereka, HRD BRI, langsung menanyakan poin-poin yang menjurus ke posisi yang sedang mereka butuhkan, misah network administrator, programmer, database, dan lainnya. Tidak bisa ditebak mereka akan menanyakan yang mana kepada anda, jadi persiapkan baik-baik :)
  • Test Kesehatan
Saya belum pernah sampai test ini, jadi ga bisa cerita banyak. Keliatannya sih standard aja, sama seperti test di tempat lain.

Wokeh, demikianlah pengalaman saya mengikuti test di Bank BRI, mudah-mudahan bisa membantu anda semua :D

Buat yang butuh info terkini, bisa ikutan di forum kaskus berikut
http://www.kaskus.co.id/thread/51a532717e1243604200000a/reboot-all-about-program-pengembangan-staff-bank-bri-pps-bri/