Gara-gara Forbidden 403

Kemarin ( 2 November 2010 ) blog ini kagak bisa dibuka darimana pun. Semua blog saya tidak ada satu pun yang bisa terbuka, selalu keluar pesan forbidden 403 gitu. Alhasil itu membuat pengunjung ke blog ini berkurang drastis . Syukurnya jam 10an malamnya bisa langsung ditangani dan kembali bisa online lagi
Sekarang forbidden 403 itu apaan sih? Hasil browsing dan surfing saya di internet sambil nanya mbah google, forbidden 403 itu terjadi karena tidak diberikannya hak akses kepada pengunjung untuk melihat isi web/blog kita. Jadi setiap user request url blog kita, jadinya dikasih pesan forbidden 403 yang menandakan user tidak bisa mengunjungi blog tersebut.
Untuk webmaster yang punya masalah seperti ini, buat menyelesaikannya lumayan gampang, syaratnya anda harus bisa masuk ke cpanel atau spanel anda, tergantung anda make yang mana. Kalau bisa masuk ke cpanel atau spanel, berarti masalah yang anda hadapi sama dengan masalah saya ini. Kalau ga bisa sih tinggal hubungi cs tempat hostingannya . Setelah masuk, pilihlah file manager atau yang mirip-mirip kesitu (soalnya di cpanel namanya file manager ) dan tab baru akan terbuka otomatis. Nah, sekarang tinggal ngatur hak akses aja untuk folder www diubah menjadi 755. 755 ini artinya user bisa execute, write, read, group bisa execute dan read aja, dan other juga bisanya cuma execute dan read. Buat yang bisa make linux pasti tau lah arti 755 di perintah chmod.
Dan sekarang semua blog saya sudah kembali online. Pelajaran yang lumayan berharga tentang ngurusin blog ini. Mudah-mudahan bagi yang punya masalah sama bisa secepatnya menyelesaikannya setelah membaca tulisan ini.