Banyak Spam dari Salah Satu Universitas Negeri

Akhir-akhir ini banyak banget yang nyepam yah dari salah satu universitas negeri di Indonesia. Apa gara-gara pengen ningkatin posisi di webomatrics yah? Ada-ada aja cara yang diterapin biar naik tu posisi. Jadi pengen nulis tentang hal ini.

Pertama apa sih webometrics itu? Webometrics adalah salah satu situs yang me-ranking situs dari banyak universitas yang ada di dunia berdasarkan beberapa parameter yang diperhatikan seperti banyaknya backlink, banyaknya paper yang di-publish, dan lain sebagainya. Pada poin ini yang paling berpengaruh adalah teknik SEO yang digunakan oleh masing-masing universitas. Mungkin ada sebagian yang merasa itu tidak penting untuk dipikirkan. Tapi sekarang ini ternyata udah banyak banget yang menjadikan webomatrics menjadi salah satu patokan untuk menentukan tingkat ke-eksis-an dari universitas. Mungkin hal ini ( posisi di webomatrics ) menjadi penting untuk sebuah universitas sehingga menghalalkan segala cara. Padahal banyak cara untuk meningkatkan itu semua, tapi lebih banyak milih jalan pintas.

Okeh, yang melakukan spam itu termasuk salah satu cara untuk meningkatkan backlink. Tapi ini masuknya ke black hat alias main jahatnya, hehehehe. Spam itu apa? Menurut saya pribadi, spam itu adalah sesuatu yang ga nyambung dalam konteks dunia blog. Yah maksudnya itu kita nulis apa, dia comment nya apa terus ngasih live link juga. Mending sih kalau commentnya nyambung sama tulisan kita, lah ini malah cuma bilang "bagus, makasih atas infonya. jangan lupa kunjungi blah blah blah....". Apa saya pelit ngasih backlink ke orang? Perasaan ga, asal commentnya nyambung aja.