Voice over Internet Protocol

Voice over Internet Protocol atau yang sering disingkat sebagai VoIP merupakan nama lain dari internet telephony. Internet telephony adalah hardware dan software yang memungkinkan penggunaan internet menjadi media transmisi untuk panggilan telepon. Kualitas Internet telephony memang belum sebaik kualitas koneksi telepon langsung dengan teknologi konfensional. VoIP adalah teknologi yang mampu melewatkan trafik suara, video, dan data yang berbentuk paket melalui jaringan IP.

Voice over Internet Protocol

Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon. Terminal akan berkomunikasi dengan gateway melalui telepon lokal. Hubungan antar gateway dilakukan melalui jaringan IP.

Jaringan IP ini dapat berupa jaringan paket apapun, termasuk ATM, FR, Internet, Intranet, atau line E1. VoIP menawarkan transportasi sinyal yang lebih murah, fitur tambahan, dan transparansi terhadap data komputer. Hambatan VoIP saat ini adalah kehandalannya yang masih di bawah telepon biasa dan soal standardisasi yang akan menyangkut masalah interperabilitas.

Tabel dibawah ini memperlihatkan hubungan antara Open System Interconnection (OSI) reference model, protokol-protokol, dan fungsi elemen-elemen jaringan VoIP.

Layer OSI Nama Layer Protokol VoIP 7 Application NetMeeting/Applications 6 Presentation Codecs 5 Session H.323/MGCP/SIP 4 Transport RTP/TCP/UDP 3 Network IP 2 Data Link Frame Relay, ATM, Ethernet, PPP, MLP, and more