Loading...

17 February 2009

My Favourite Sport




Udah lama ga posting nih…..dah hampir setengah bulan dari postingan terakhir. hee…..10x. Ok, sekarang gw pengen ngebahas tentang salah satu olah raga favoritgw, yaitu FUTSALL. Gw kenalan dengan olah raga ini saat pertama kali keluar dari kampung gw menuju kota tuk ngadu nasib di bangku kuliah. Dari kampung, gw taunya cuma sepak bola lapangan gede yang maennya 11 orang, tiba-tiba sampenya di kota hujan, ada olah raga yang pemaennya cuma 5 orang yang mirip dengan bola. Awalnya sih bingung juga maennya, tapi lama-kelamaan jadi hobby.

Tapi apakah gw tau sejarah futsall? Peraturan-peraturan yang berlaku? Wah….klo gw di tanyain tentang itu, gw angkat tangan deh, soalnya gw cuma bisa maen tanpa tau peraturannya. weekk…… Setelah mikir gitu, gw nyoba nyari info tentang futsall itu sendiri, yang pasti lewat internet donk…..

Sejarah futsall

Kata Futsal berasal dari bahasa Spanyol, yaitu Futbol (sepak bola) dan Sala (ruangan), yang jika digabung artinya menjadi “Sepak Bola dalam Ruangan”.

Menurut FIFA, asal Mula Futsal ini mulai pada tahun 1930 di Montevideo, Uruguay. Pertama Futsal ini diperkenalkan oleh Juan Carlos Ceriani, seorang pelatih sepak bola asal Argentina. Hujan yang sering mengguyur Montevideo membuatnya kesal, karena rencana yang Ia susun jadi berantakan karena lapangan yang tergenang air. Lalu Ceriani memindahkan latihan ke dalam ruangan. Pertama Ia tetap menggunakan jumlah pemain 11 orang, namun karena lapangan yang sempit, Ia memutuskan untuk mengurangi jumlah pemain menjadi 5 orang tiap tim, termasuk penjaga gawang.

Ternyata latihan didalam ruangan itu sangatlah efektif dan atraktif. Sehingga mampu menarik minat banyak masyarakat Montevideo. Lalu banyak penggemar bola di kota itu yang mencoba permainan baru ini, dan jadilah Futsal olahraga yang digandrungi masyarakat luas.

mungkin itu dulu yah yang gw pelajarin, buat peraturan dan lain-lain yang berhubungan dengan futsall, bisa di baca di http://www.infofutsall.com